Wednesday 27 April 2016

KELAPA PANDAN SIAM


   KELAPA PANDAN SIAM/KELAPA WANGI

Kelapa pandan siam merupakan kelapa jenis rendah yang diperkenalkan dari Thailand pada tahun 1971. Di Thailand kelapa ini dipanggil sebagai kelapa Makprow Nam Horm. Keistimewaan kelapa ini adalah air dan isi buah nya beraroma wangi pandan dan sangat terasa segar jika di makan dan diminum.

Ketinggian pohon kelapa pandan wangi ini bisa mencapai 6 meter. Tandan dan buah berwarna hijau. Buahnya kecil berbentuk bulat bersegi tiga di bawahnya. Kandungan air sebuah kelapa pandan sekitar 330 ml.


Kelapa pandan ini bisa ditanam pada jarak 6 m  x  6 m , dalam 1 hektar bisa mencapai 208 pokok atau dengan kerapatan tinggi bisa juga mencapai 400 batang dalam 1 hektar dengan jarak 5 m x 5 m.

Kelapa pandan wangi berbuah pertama kali pada umur tanam 3 tahun dengan perawatan yang baik dengan pemupukan dan pengairan yang cukup. Pada umur 3 tahun ini pengeluaran buah belum maksimal sekitar 40 - 50%, dan pada umur 4 tahun baru 100%. Dalam setahun kelapa pandan mengeluarkan tandan 12 - 18 tandan buah. Setiap tandan buah memiliki 10 - 15 biji kelapa muda. Dalam setahun bisa mengahasilkan buah sekitar 130 - 175 buah muda segar.

Tandan buah kelapa muda bisa dipetik setelah berumur 6 - 6,5 bulan, ini bisa dilihat dengan cara melihat tandan buah muda yang akan dipetik, kemudian tandan buah yang masih muda yang ada dibawah tandan buah yang akan dipetik, dan tandan buah yang berupa seludang juga berada di bawahnya adalah terletak diatas satu dengan yang lainnya.














No comments:

Post a Comment